Kamis, 17 Mei 2012

Tersubur di Eropa, Messi Sanjung Kontribusi Rekannya

Share on :

Barcelona - Lionel Messi mengukuhkan diri sebagai pemain tersubur Eropa dan berhak atas Golden Shoe. Atas sukses yang dia raih, pemain terbaik dunia itu mengucap terima kasih pada rekan-rekannya.

Setelah liga-liga Eropa menyudahi roda kompetisi di akhir pekan kemarin, Messi tak tergoyahkan untuk merebut status sebagai pemain tersubur di benua tersebut. Dengan total membuat 50 gol untuk Barcelona di Liga Spanyol, pesepakbola asal Argentina itu mengumpulkan poin 100.

Messi unggul tipis atas Cristiano Ronaldo, pemilik Golden Shoe musim lalu, yang total mendonasikan 46 gol untuk Real Madrid dan membuatnya duduk di posisi dua dengan 92 poin. 

Sementara itu, dengan 30 gol yang berhasil dibuat untuk Arsenal, Robin van Persie duduk di posisi ketiga daftar pemain tersubur Eropa 2011/2012.

"Saya berterima kasih apada rekan-rekan saya atas capaian 50 gol ini. Saya gembira dengan Pichichi, di kompetisi yang sulit seperti Liga Spanyol, ini sebuah pencapaian yang membanggakan," sahut Messi seperti diberitakan Mundo deportivo.

Menempati posisi empat adalah bomber Schalke 04 asal Jerman, Klaas-Jan Huntelaar, setelah dia membuat 29 gol untuk The Royal Blues. Di belakang Huntelaar ada penyerang andalam AC Milan, Zlatan Ibrahimovic dengan 28 golnya bersama Rossoneri.

Penghargaan 'Sepatu Emas Eropa' dihelat oleh European Sports Magazines. Sistem yang digunakan untuk menentukan pemenang tak cuma berdasarkan jumlah gol yang dibuat sepanjang satu musim.

Masing-masing liga memiliki poin berbeda untuk sebuah gol yang berhasil dibuat. Semakin tinggi koefisien (kuat kompetisi) liga tersebut maka nilai untuk satu gol bernilai lebih tinggi. Maka Mario Gomez yang mencetak 26 gol di Liga Jerman punya poin lebih besar dibanding Bsa Dost meski dia melesakkan 32 gol di Liga Belanda.

0 komentar:

Posting Komentar

Cules Azulgrana. Diberdayakan oleh Blogger.