Senin, 14 Mei 2012

Bagaimana La Liga Setelah Ditinggal Guardiola?

Share on :

Sevilla - Setelah empat musim, petualangan Pep Guardiola bersama Barcelona di La Liga resmi berakhir. Bagaimana kelanjutan liga di Negeri Matador setelah ditinggal oleh pelatih tersukses The Catalans itu?

Guardiola akan meninggalkan kursi pelatih Barca setelah musim ini selesai. Dia menampik tawaran perpanjangan kontrak yang diberikan oleh petinggi klub.

Meski bergelimang trofi bersama Barca, Guardiola mengaku lelah. Entrenador berusia 41 tahun ini pun ingin beristirahat dan untuk sementara waktu tak melatih dulu.

Di bawah kepemimpinan Guardiola, Barca punya rekor mentereng di La Liga dalam empat musim terakhir. Carles Puyol cs. menang 116 kali, imbang 25 kali dan cuma kalah 11 kali. Mereka juga jadi juara dalam tiga musim berturut-turut sejak 2008/2009, sebelum dikalahkan Real Madrid pada musim ini.

Guardiola juga sukses menjadikan Barca sebagai tim yang mempertontonkan permainan menyerang yang sangat menghibur. Bukan cuma sedap di mata saja, tapi juga sangat tajam.

Barca tercatat sukses 412 kali membobol gawang lawan dalam 152 pertandingan di empat musim terakhir. Artinya, dalam tiap laga anak-anak Catalan rata-rata mencetak 2,7 gol.

Namun, Guardiola kini harus pergi dari La Liga. Pertandingan di kandang Real Betis yang berakhir dengan skor 2-2, Minggu (13/5/2012) dinihari WIB, jadi partai perpisahannya di liga.

Menarik disimak bagaimana jalannya La Liga musim depan. Apakah Madrid bersama Jose Mourinho akan makin tak terbendung? Atau Tito Vilanova pengganti Guardiola-- bisa membangkitkan kembali Los Cules?

"La Liga sudah ada sebelum saya datang dan akan terus berlanjut tanpa saya," kata Guardiola.

0 komentar:

Posting Komentar

Cules Azulgrana. Diberdayakan oleh Blogger.