Senin, 14 Mei 2012

Gelar Bersejarah Juventus

Share on :

Italia - Untuk kali pertama setelah munculnya skandal Calciopoli, Juventus kembali merajai Liga Italia Seri A. Bianconeri malah meraihnya dengan catatan bersejarah, tanpa terkalahkan sepanjang musim.

Juventus sudah memastikan menjadi juara bahkan sebelum Liga Italia masuk pekan terakhir. Di pekan ke-37 perolehan poinnya sudah tak lagi bisa dikejar AC Milan, yang sepanjang musim menjadi pesaing terbesar dan bahkan sempat saling berebut puncak klasemen.

Ini menjadi titel nomor 28 buat Juventus. Gelar yang sekaligus pertama didapat 'Si Nyonya Tua' setelah mereka sempat tenggelam di Seri B lantaran keterlibatan dalam kasus Calciopoli.

Buat Juve, titel di musim 2011/2012 ini terasa sangat spesial dan bersejarah lantaran mereka meraihnya tanpa sekalipun menderita kekalahan. Alessandro Del Piero dkk mengantongi 23 kemenangan dan 15 hasil imbang dengan poin didapat berjumlah 84.

Menjuarai kembali Seri A bisa menjadi penanda kebangkitan kembali Juventus sebagai penguasa Italia. Modal Juventus untuk terus berjaya di musim-musim berikutnya adalah keberadaan Antonio Conte, yang di musim pertamanya langsung mempersembahkan Scudetto.

Sukses Juventus berarti kegagalan buat AC Milan. Rossoneri akhirnya cuma bisa duduk di posisi dua dan tertinggal empat poin dan harus merelakan gelar yang mereka punya lepas ke tangan seteru abadinya. 

Milan kebagian satu titel tak resmi musim ini melalui strikernya Zlatan Ibrahimovic. Mencetak 28 gol, Ibra berhak atas sepatu emas sebagai tanda dia adalah top skorer. Berdiri di belakangnya adalah bomber Inter Milan, Diego Milito dengan 24 gol berhasil dilesakkan.

Dengan cuma punya tiga wakil di Liga Champions, Juventus dan AC Milan musim depan akan ditemani oleh Udinese. Mengumpulkan 64 poin, mereka berhak atas posisi ketiga.

Nasib kurang baik diterima Inter Milan, yang harus berlaga di Liga Europa musim depan. Duduk di posisi enam, Nerazzurri akan berjuang bersama Napoli dan Lazio di kompetisi kelas dua antarklub Eropa tersebut.

Dari daftar klub yang terdegradasi, Lecce, Novara dan Cesena harus rela berlaga di Seri B musim depan. 

Liga Italia 2011/2012

Liga Champions: Juventus, AC Milan, Udinese

Liga EuropaLazio, Napoli, Inter Milan

DegradasiLecce, Novara, Cesena 

Top SkorerZlatan Ibrahimovic 28

Top Assist: Andrea Pirlo 13

0 komentar:

Posting Komentar

Cules Azulgrana. Diberdayakan oleh Blogger.