Senin, 16 April 2012

Profil Semifinalis Liga Champions : Barcelona

Share on :

Profil Semifinalis Liga Champions: Barcelona

Barcelona mengusung misi mempertahankan gelar juara Liga Champions dengan senjata terkuatnya yang tak terhentikan di Eropa musim ini, Lionel Messi.

Sang juara bertahan menatap sejarah baru, yaitu menjadi tim pertama di era Liga Champions yang sukses menjadi juara selama dua musim berturut-turut. Tim terakhir yang mewujudkan back-to-backadalah AC Milan, yaitu pada musim 1988/89 dan 1989/90 ketika kompetisi ini masih bernama European Cup. Sejak berubah format pada musim 1992/93, belum pernah ada tim yang sanggup melakukannya.

Azulgrana telah mencapai semifinal kelimanya dalam lima musim terakhir, dan lawan yang menunggu dalam perebutan satu tiket ke partai pamungkas adalah tim elit asal London, Chelsea.

Kisah musim ini
Barcelona mengawali perjalanannya dengan hasil imbang 2-2 di kandang sendiri melawan juara tujuh kali AC Milan. Akan tetapi, sang raksasa Catalan sukses bangkit dan finis sebagai juara Grup H di atas Rossoneri, Viktoria Plzen serta BATE Borisov. Setelah itu, Barcelona menghancurkan Bayer Leverkusen di babak 16 besar dengan agregat telak 10-2, lalu bertemu lagi dengan Milan di perempat final. Barcelona lolos dari hadangan Milan dengan agregat 3-1 setelah bermain imbang tanpa gol di San Siro pada leg pertama.

Pencapaian di semifinal
Main: 12 kali
Menang: 6 kali
Kalah: 6 kali
Terakhir: 2010/11 vs Real Madrid (2-0 away, 1-1 home)

Head to head melawan Chelsea
2008/09 UEFA Champions League semifinal
Barcelona 0-0 Chelsea
Chelsea 1-1 Barcelona (agg 1-1, Barcelona menang gol away)

2006/07 UEFA Champions League fase grup
Chelsea 1-0 Barcelona
Barcelona 2-2 Chelsea

2005/06 UEFA Champions League babak 16 besar
Chelsea 1-2 Barcelona
Barcelona 1-1 Chelsea (agg 3-2)

2004/05 UEFA Champions League babak 16 besar
Barcelona 2-1 Chelsea
Chelsea 4-2 Barcelona (agg 5-4)

1999/2000 UEFA Champions League perempat final
Chelsea 3-1 Barcelona
Barcelona 5-1 Chelsea (ext, agg 6-4)

Momen Kunci
Barcelona memantapkan langkahnya di kompetisi ini dengan kemenangan tandang atas AC Milan di fase grup. Mereka mengamankan posisi puncak setelah menutup laga dengan skor 3-2 berkat gol kemenangan Xavi pada menit 63. Di babak 16 besar, Barcelona ditantang Bayer Leverkusen, lalu membantai tim Jerman tersebut 7-1 pada leg kedua, dan mengirimkan peringatan kepada para rivalnya.

Kutipan
Josep Guardiola, pelatih Barcelona
"Kami sangat senang bisa berada di semifinal untuk lima kali secara berturut-turut. Ini merupakan prestasi hebat dan merupakan bukti nyata kekuatan kami. Tak mudah melakukannya, karena tingkat kesulitan di setiap musim selalu meningkat dibandingkan musim-musim sebelumnya."

Top scorer
Tidak banyak kata yang tersisa untuk mendeskripsikan seorang Lionel Messi. Dia telah mengoleksi 39 gol di La Liga dan mengukir 14 gol Liga Champions untuk menyamai pencapaian Jose Altafini dalam satu musim di kompetisi Eropa. Raihan 14 gol itu juga telah membawa Messi memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions yang sebelumnya dipegang olehRuud van Nistelrooy (12).

Pahlawan Tak Terduga
Berposisi asli sebagai gelandang, Javier Mascherano berulang kali dijadikan bek sentral alternatif oleh Guardiola untuk menyiasati minimnya pemain belakang Barcelona yang bergantian terkapar akibat cedera. Kedisiplinannya menjaga wilayah pertahanan timnya membuat Messi, Xavi maupun Andres Iniesta lebih leluasa dalam menyerang.

Susunan pemain terakhir (perempat final leg kedua kontra AC Milan)
Valdes; Dani Alves, Pique, Mascherano, Puyol; Busquets, Xavi, Iniesta; Cuenca, Messi, Fabregas.
Cadangan: Pinto, Thiago, Keita, Adriano, Alexis, Pedro, Tello.

Demi menuntaskan misi untuk menjadi juara bertahan pertama di era Liga Champions yang sukses mempertahankan gelarnya, Barcelona terlebih dahulu harus melewati partai dua leg melawan Chelsea, 18 April di Stamford Bridge dan 24 April di Camp Nou. (Bola.net)

0 komentar:

Posting Komentar

Cules Azulgrana. Diberdayakan oleh Blogger.