Rabu, 04 April 2012

Pijak Semifinal, Barca Ukir Rekor

Share on :


Barcelona - Barcelona membarengi lajunya ke semifinal Liga Champions dengan sejumlah catatan khusus. Selain untuk klub itu sendiri, juga ada dari pelatih dan pemainnya.

Babak empat besar Liga Champions kini dijejak Barca usai menundukkan AC Milan di Camp Nou, Rabu (4/4/2012) dinihari WIB, dengan skor 3-1. Hasil tersebut, disebut situs Barca, membuat klub Catalan itu menjadi tim pertama yang lolos ke lima semifinal Liga Champions--yang formatnya dimulai musim 1992/93--secara beruntun.

Termasuk musim ini, Barca total sudah menjejak sembilan fase semifinal Liga Champions. Sementara jika mengikutsertakan format lama kompetisi itu, Barca sudah 13 kali lolos ke babak empat besar.

Catatan itu sendiri mengecualikan musim 1991/92, di mana Barca lolos ke final di Wembley setelah fase grup--tanpa adanya fase knock-out. Ketika itu Barca menundukkan Sampdoria di final, memastikan gelar pertamanya di ajang tersebut.

Rekor juga ditorehkan Lionel Messi berkat dua golnya dalam kemenangan atas Milan. Tambahan dua gol tersebut membuat Messi kini sudah mengemas 51 gol di Liga Champions.

Ia pun masuk ke dalam jajaran pemain elit yang sudah membuat 50 gol atau lebih di Liga Champions, yang sebelumnya cuma diisi oleh Filippo Inzaghi, Thierry Henry, Andriy Shevchenko, Ruud van Nistelrooy, dan Raul Gonzalez. Kian luar biasa karena Messi menjadi pemain termuda yang bisa melakukannya.

Selain itu tambahan gol tersebut bikin gol Messi di Liga Champions musim ini menjadi 14. Ia menjadi pemain pertama yang bisa mencapai jumlah tersebut sejak format Liga Champions.

Sementara itu rekan Messi, Dani Alves, sukses bikin capaian pribadi dengan mencatatkan penampilan ke-200 untuk Barca di dalam partai resmi; 125 kali di Liga, 43 kali di Liga Champions, 21 kali di ajang Copa del Rey, 6 kali di Piala Super Spanyol, 2 kali di Piala Super Eropa, dan 3 kali di Piala Dunia Antarklub.

Torehan khusus lain dicatatkan Pep Guardiola sang entrenador. Pertandingan lawan Milan tersebut merupakan kali ke-50 ia menangani Barca di Liga Champions; 15 di musim 2008/09, 12 di musim 2009/10, 13 di musim 2010/11, dan 10 musim ini.

Dari 50 pertandingan tersebut, Guardiola sudah mengantar Barca meraih 31 kemenangan, 14 kali imbang dan 5 kekalahan. Dengan kehadirannya di bench, Barca sudah membuat 119 gol (2,4 gol per partai) dan kebobolan 40 gol (0,8 gol per partai).

0 komentar:

Posting Komentar

Cules Azulgrana. Diberdayakan oleh Blogger.