Minggu, 15 April 2012

Messi Kian Tajam Bersama Guardiola

Share on :


Valencia - Kehadiran Pep Guardiola sebagai pelatih Barcelona tak hanya bikin klub itu kian mengilap prestasinya. Tapi terkhusus lagi ketajaman Lionel Messi kian menjadi dengan torehan 201 gol selama ditangani Guardiola.

Sebelum Guardiola datang, Messi mulai mengangkat nama saat Frank Rijkaard menjadi nahkoda klub itu. Sejak debutnya di tahun 2004, Messi mencetak 42 gol di 110 pertandingan resmi bersama Rijkaard atau 0,38 gol per laganya.

Memang Messi membawa Barca meraih dua titel La Liga serta satu Liga Champions saat medio 2004 hingga 2008. Tapi ketajamannya serta peran Messi tak sevital sekarang di mana saat itu Los Cules masih punya Samuel Eto'o dan Ronaldinho di lini depan.

Tapi begitu Guardiola menangani tim musim panas 2008, Messi mendadak berubah jadi predator ganas di kotak penalti. Torehan golnya meningkat pesat nyaris lima kali lipatnya. Boleh dibilang Guardiola tahu harus menempatkan Messi di mana untuk mengeksplorasi naluri gol pesepakbola 24 tahun itu.

Dua gol yang dicetaknya saat Barca menundukkan Levante 2-1, Minggu (15/4/2012) dinihari WIB, membuatnya kini mengoleksi 201 gol selama empat musim ditangani Guardiola atau rataannya 0,96 gol per laga.

Total 243 gol itu pula yang membuat pesepakbola asal Argentina itu menjadi topskorer sepanjang masaAzulgrana, menggeser Cesar Rodriguez yang punya 234 gol.

Dilansir dari situs resmi tim asal Catalan itu, Messi mencetak 38 gol dari 51 laga resmi di musim pertama Guardiola, lalu meningkat jadi 47 gol dari 53 laga, kemudian di musim ketiga 53 gol dari 55 laga dan musim ini belum tuntas Messi punya 63 gol!

Rinciannya adalah 41 gol di La Liga, 14 gol di Liga Champions, dua di Copa del Rey, tiga di Piala Super Spanyol, satu di Piala Super Eropa dan dua di Piala Dunia Antarklub. Khusus untuk 41 gol di liga membuatnya sejajar dengan Cristiano Ronaldo sebagai pencetak gol terbanyak dalam semusim sepanjang sejarah La Liga.

Dengan rataan 1,2 gol per laga, Messi kini hanya berjarak empat gol lagi dari rekor 67 gol selama semusim yang dipegang oleh penyerang legendaris Jerman, Gerd Mueller. (detiksport)

0 komentar:

Posting Komentar

Cules Azulgrana. Diberdayakan oleh Blogger.