Rabu, 10 April 2013

'Man vs Machine', Saat Messi Berduel dengan RoboKeeper

Share on :

 

Tokyo - Lionel Messi saat ini dikenal sebagai salah satu pemain top dunia yang sudah meraih sederet rekor di dunia sepakbola. Tetapi ia rupanya sedikit kesulitan juga ketika harus berhadapan dengan seorang lawan yang tidak terdiri dari darah dan daging.

Lawan yang kali ini dihadapi si pemain Barcelona asal Argentina adalah seorang kiper robot. Momen unik ini dihadirkan oleh sebuah stasiun televisi Jepang di suatu segmen spesial bertajuk 'Man vs Machine' yang menghadirkan skenario adu penalti.

RoboKeeper, begitu kiper robot itu disebut. Dilaporkan Dead Spin sebagai hasil rancangan dari Jerman, robot tersebut menggunakan sepasang kamera untuk mengikuti pergerakan bola dan kemudian bereaksi dengan amat cepat untuk menghalau eksekusi penalti.

Lalu, dimulailah duel Manusia kontra Mesin, Messi versus RoboKeeper. Messi diberi tiga kesempatan guna bikin gol dari titik putih untuk dinyatakan menang atas RoboKeeper.

Tendangan pertama, Messi membidik ke arah kanan bawah, alias sisi kiri arah kiper. Bola melaju kencang dengan kecepatan 126 km per jam menuju sudut gawang, meski RoboKeeper memperlihatkan reaksi jitu saat bergerak ke arah bola tendangan Messi.

Pada tendangan kedua, Messi memilih sisi gawang sebaliknya. Ia membidik ke arah pojok kiri atas gawang, lalu menyepak keras-keras bola yang kemudian melaju dengan kecepatan 132 km per jam menuju sasaran.

Menghadapi tendangan itu, si kiper robot sekali lagi bereaksi ke arah yang tepat meski tak kuasa membendung bola tendangan Messi. Sayangnya, bola juga cuma membentur tiang gawang alias tak masuk.

Setelah dua kali gagal mengirim bola melewati RoboKeeper, kesempatan terakhir untuk Messi pun tiba. Belajar dari tembakan sebelumnya, Messi--yang musim ini sukses mengonversi empat tendangan penaltinya menjadi gol di La Liga--pun memilih sudut yang mirip dengan tendangan keduanya, meski ia kini membidik sedikit ke dalam.

Messi lantas menyepak bola, yang kemudian tercatat melaju dengan kecepatan 133 km per jam, dan RoboKeeper sekali lagi bereaksi tepat ke arah datangnya bola. Bola lantas mengenai ujung-ujung "tangan" si robot, meski tetap meluncur masuk ke gawang.

Seperti lazimnya pesepakbola setelah bikin gol, Messi pun terlihat kegirangan setelah akhirnya menaklukkan RoboKeeper. Dengan memamerkan senyum lebar, ia pun berlari-lari merayakan kemenangannya tersebut. Penasaran dengan duel 'Manusia versus Mesin' itu? simak videonya disini

0 komentar:

Posting Komentar

Cules Azulgrana. Diberdayakan oleh Blogger.